Minggu, 27 September 2015

Jujur






Jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu degan sesungguhnya  dan apa adanya, tidak di tambahi ataupun tidak dikurangi. Sifat jujur ini harus dimiliki oleh setiap manusia, karena sifat dan sikap ini merupakan prinsip dasar dari cerminan akhlak seseorang. Jujur juga dapat menjadi cerminan dari kepribadian seseorang bahkan kepribadian bangsa. Oleh sebab itulah kejujuran bernilai tinggi dalam kehidupan manusia. Kejujuran banyak dicontohkan langsung oleh Rasulullah. Dapat kita ambil keteladanan dari Rasul kita Nabi Muhammad saw. Yang memiliki sifat wajib bagi Rasul, salah satunya “amanat” yang berarti dapat dipercaya. Mengapa dapat dipercaya ? Jawabannya karena kejujuran.
Kejujuran adalah bekal bagi kita untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Jika seseorang telah memiliki kejujuran maka sesuatu yang wajar jika orang tersebut dapat dipercaya, diberi amanat , oleh orang banyak. Orang yang jujur jugalah yang akan tenang dalam menjalani hidup di dunia yang fana ini.
Kejujuran merupakan suatu hal yang gampang untuk diucapkan namun sulit untuk dilaksanakan, itulah yang saya alami selama ini. Namun saya berusaha keras untuk menghindari yang namanya “kebohongan”, karena memang fakta apabila kita sudah melakukan kebohongan maka jalan satu-satunya untuk menutupi kebohongan tersebut adalah dengan kebohongan lainnya. Oleh karena itu, meskipun sulit saya mencoba untuk tidak melakukan kebohongan karena berdasarkan pengalaman saya apabila kita berprilaku jujur meskipun sulit dan berat namun akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik daripada kita berbohong. Selain menghasilkan sesuatu hal yang lebih baik, apabila saya melakukan kejujuran hati saya merasa lebih tenang dan tentram. Meskipun saya bukanlah orang terjujur di dunia, namun tidak perlu hawatir saya masih dapat dipercaya. Karena yang saya tau Kepercayaan itu bukanlah hal yang mudah untuk didapat, maka akan saya hargai kepercayaan semua orang kepada saya. Sekian artikel pendek dari saya, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar