Rabu, 28 Oktober 2015

Mengikuti Perubahan




Di zaman yang serba modern seperti sekarang sudah seharusnya kita mengikuti semua perubahan yang ada baik dibidang komunikasi, teknologi, transportasi dsb. Namun tidak semua perubahan menghasilkan dampak yang positif pula, banyak dari perubahan yang ada terutama yang berasal dari daratan eropa yang tidak sesuai bahkan menjurus kearah negatif.
Sudah sepantasnya kita memilih perubahan yang sekiranya akan menimbulkan dampak positif bagi kehidupan kita, banyak hal yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menyaring manakah perubahan yang sekiranya lebih bermanfaat bagi kita. Misalnya dengan berpatokan pada pancasila sebagai dasar negara yang merupakan penggalian dari jati diri bangsa kita sendiri.
Selain dasar negara, faktor agama juga bisa dijadikan sebagai pedoman untuk menyaring perubahan tersebut, karena didalam agama sendiri sering diajarkan bagaimana kita memilih suatu hal yang sekiranya baik untuk kita. Faktor logika yang berasal dari setiap individupun bisa dijadikan pedoman untuk menetukan manakah perubahan yang akan kita pilih.
Namun tentunya dengan berbagai faktor tersebut tidak menghalangi kita untuk menolak perubahan yang ada, karena jika kita tidak mengikuti perubahan yang terjadi hasilnya adalah hidup kita akan menjadi semakin sulit. Karena umunya perubahan yang menimbulkan dampak positif bagi diri kita akan membuat hidup menjadi lebih mudah.
Intinya kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, namun tentunya jangan sampai kita memilih perubahan yang salah pula. Orang yang cerdas adalah orang yang mampu beradaptasi dalam berbagai kondisi maupun lingkungan yang ada, sehingga dia tidak akan merasa kesusahan dalam menjalani hidupnya.
Perubahan yang saya alami sendiripun beragam jenisnya, mulai dari perubahan tingkah laku, perubahan teknologi yang semakin hari semakin canggih, perubahan transportasi yang semakin cepat dsb. Namun saya sadari dalam berbagai perubahan tersebut banyak hal yang sebenarnya dapat menimbulkan efek negatif bagi diri saya pribadi, namun saya berusaha untuk tetap mengikuti perubahan yang ada tanpa meninggalkan pribadi saya yang dulu.
Namun tetap saya sadari, perubahan yang saya alami selama ini masih banyak yang hanya menimbulkan efek negatifnya saja. Sampai saat ini saya masih mencari-cari bagaimana caranya agar dapat meninggalkan efek negatif tersebut, sudah berbagai cara yang saya coba namun hasilnya tetap nihil...
Semoga dikemudian hari saya pribadi dapat menemukan bagaimana cara agar dapat menghapus serta meninggalkan efek negatif yang ditimbulkan dari perubahan yang terjadi sampai sekarang ini, sehingga kehidupan saya dapat menjadi lebih baik dan juga menjadi pribadi yang semakin baik pula....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar