Senin, 30 November 2015

Bekerjasama



Pengertian Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama merupakan interaksi yang paling penting karena pada hakikatnya manusia tidaklah bisa hidup sendiri tanpa orang lain sehingga ia senantiasa membutuhkan orang lain. Kerja sama dapat berlangsung manakala individu-individu yang bersangkutan memiliki kepentingan yang sama dan memiliki kesadaran untuk bekerja sama guna mencapai kepentingan mereka tersebut.
Kerja sama yang baik adalah sikap orang beriman yang saling peduli, saling mendukung, saling melancarkan, tidak jegal-menjegal, tidak jatuh-menjatuhkan, tidak rugi-merugikan dan tidak saling memfitnah. Kerja sama yang baik juga mengandung arti kerja sama dalam hal kebaikan yang sama-sama dikerjakan dengan baik untuk mendapatkan kebaikan bersama. Firman Allah SWT :

Dan tolong menolonglah kalian atas kebaikan dan ketaqwaan, dan janganlah tolong menolong atas dosa dan permusuhan… (QS. Al Maidah : 2)

Demikian pula kerja sama yang baik bukan sekedar yang penting sama-sama bekerja, akan tetapi ada pembagian tugas sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Tidak memberi tugas kepada yang bukan ahlinya, sehingga diharapkan mendapat hasil yang optimal.

Sudah sepantasnya kita sebagai mahluk sosial dapat saling bekerja sama dan tolong menolong satu sama lainnya, karena kitapun tidak dapat hidup tanpa pertolongan orang lain. Namun kerjasama yang dimaksud adalah kerjasama dalam hal kebaikan, bukannya kerjasama yang akan menimbulkan keburukan. Kerjasama dalam hal kebaikna banyak contohnya, misalnya bekerjasama dalam membersihkan kampung sekitar dengan cara ini pekerjaanpun akan terasa lebih ringan dan janganlah bekerja sama dalam hal keburukan misalnya bekerjasama untuk mencuri sepeda motor ataupun sebagainya yang akan berakibat keburukan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Tidak saya pungkiri sayapun sebagai pribadi sosial mebutuhkan bantuan orang lain dalam melakukan kegiatan sehari-hari, namun saya termasuk orang yang sulit untuk bekerjasama dengan orang lain karena saya orangnya lebih suka menyendiri. Meskipun begitu saya berusaha untuk bisa bersosialisasi dan bekerjasama dalam segala sesuatu yang dapat menghasilkan suatu kebaikan, dengan cara mencoba berbaur dengan masyarakat umum dan juga mencoba menerima berbagai pandangan dan pendapat dari semua orang.

Sekian artikel mengenai Kerja Sama dari saya, semoga bermanfaat. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar