Kamis, 19 November 2015

Mengendalikan Diri



Self control atau pengendalian diri merupakan kemampuan diri dalam mengendalikan perilaku untuk mencapai tujuan tertentu. Seorang individu dengan pengendalian diri yang baik dapat memahami benar konsekuensi akibat tindakan yang akan mereka lakukan.Pengendalian Diri adalah Sebuah sikap kehidupan yang tegas yang tidak mau dikuasai oleh keinginan-keinginan duniawi ( meliputi keinginan mata, keinginan daging, dan keinginan hawa nafsu ), namun mengendalikan diri seturut dengan apa yang benar, apa yang membangun, dan apa yang menjadi berkat, sehingga membangun kebiasaan-kebiasaan yang baik sambil menghancurkan kebiasaan-kebiasaan yang buruk.
Sudah sepantasnya kita sebagai manusia yang diberikan kelebihan berupa akal untuk berfikir dan hati untuk berempati dapat mengendalika diri kita sendiri, karena jika kita tidak melakukan pengendalian diri terhadap diri kita sendiri siapa lagi yang akan melakukannya. Pengendalian diri dapat dilakukan dalam berbagai hal, misalnya mengendalikan diri agar tidak boros. Sikap boros dapat menimbulkan suatu hal yang merugikan diri sendiri, karena kita tidak dapat mengontrol diri kita sendiri dalam mengatur kegiatan ekonomi kita.
Meskipun begitu saya sendiri menyadari bahwa sultinya melakukan pengendalian diri, terutama saat kehidupan yang saya jalani sedang menghadapi suatu masalah yang kompleks. Saat terjadi situasi tersebut sangat sulit bagi saya untuk sekedar menenangkan diri dan melupakan masalah tersebut sehingga dapat mencari solusi agar masalah yang saya hadapi dapat selesai. Namun saya memliki cara untuk dapat menenangkan diri saya pribadi ketika menghadapi situasi tersebut, yaitu saya melakukan kegiatan yang saya senangi sehingga masalah yang sedang saya hadapi dapat sejenak terlupakan dan sayapun dapat mencari solusi terbaik untuk menghadapi maslah tersebut pada saat situasi dan kondisi yang lebih tenang. Mungkin cara ini tidak dapat berhasil terhadap semua individu, karena perbedaan sugesti masing-masing individu yang membedakan pandangan akan pemecahan suatu masalah. Namun saya yakin bahwa setiap individu telah mempunyai cara yang unik dalam menghadapi serta menyelesaikan suatu masalah yang sedang dihadapi, sehinggga masalah tersebut dapat ditemukan solusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar