Kamis, 19 November 2015

Menghadapi Resiko



Sesunguhnya kehidupan manusia itu selalu berkisar antara ketidak pastian yang berkepanjangan dan terus menerus Keadaan tidak pasti tersebut lazim disebut sebagai suatu risiko. Bahwa manusia itu selalu menghadapi risiko, karena memang sesungguhnya manusia itu pada hakekatnya merupakan suatu obyek tumpuan risiko, yang sebagaimana sifat hakiki manusia itu sendiri. Jadi risiko itu memang suatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia
. Disamping itu tidak ada seorangpun yang bebas dari suatu risiko. Misalnya risiko dalam menjalankan kendaraan bermotor, tidak ada seorang pengemudi yang dapat menjamin bahwa ia akan selalu selamat dalam perjalanan, namun juga kecelakaan yang mengakibatkan kerugian.  Risiko adalah “ sebagai suatu konsep dengan beberapa arti, yang pemakaiannya tergantung kepada hubungan-hubungan apa dan disiplin ilmu dari mana orang memandang.
Keterkaitan antara matematika dan ketidakpastian, akan menimbulkan suatu teori risko yang mempunyai peranan sangat penting dalam asuransi. Teori risiko mempunyai kaitan yang erat dengan asuransi, karena teori risiko dapat memberikan suatu gambaran untuk waktu yang akan datang dengan lebih dahulu memberikan ramalan terhadap suatu rospek.

Definisi resiko memanglah mengarah kepada suatu hal yang buruk, namun hal buruk tersebut masih dalam taraf mungkin. Mungkin disini dapat diartikan sebagai suatu hal yang akan terjadi dan tidak akan terjadi, karena dalam melakukan suatu hal pasti terdapat resiko didalamnya yang harus kita pertanggungjawabkan. Namun adakalanya bahkan sering terjadi resiko yang dikhawatirkan ketika melakukan suatu hal pada akhirnya tidak terjadi sama sekali, oleh karena itu sudah sepantasnya kita sebagai manusia yang memilki akal untuk berfikir adalah berani mengambil tindakan untuk menerima dan menghadapi resiko yang MUNGKIN terjadi.
Meskipun begitu tidak saya bantah bahwa sayapun masih takut ketika melakukan suatu hal yang MUNGKIN dapat menimbulkan resiko yang akan berdampak negatif bagi saya pribadi, namun saya selalu berusaha untuk menghilangkan fikiran buruk tersebut dengan cara menilai bahwa sesuatu yang saya kerjakan tersebut meskipun memiliki tingkat resiko yang tinggi namun resiko tersebut tidak akan terjadi sehingga saya dapat melakukan semua hal yang saya anggap benar tanpa terlalu khawatir dengan resikonya. Karena yang saya tahu orang yang berani mengambil resikolah yang akan sukses di masa mendatang kelak. . .
Sekian artikel dari saya mengenai “Menghadapi Resiko” semoga bermanfaat. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar